Rabu, 01 Mei 2013

Buat Lensa Fish Eye Sendiri

Yuk Buat Lensa Fish Eye Sendiri

repost from ekagreen  berawal dari rasa penasaran ane tentang Lensa Fisheye, ane mencoba cari informasi menarik mengenai benda yang bisa bikin foto cembung tersebut. Ane guling-guling (googling) dan akhirnya ane menemukan sesuatu yang unik, cekidot gan!


Bagi yang punya hobi memotret, pasti tahu apa itu kamera atau lensa Fish Eye. Itu tuh lensa yg bisa bikin gambar jadi terlihat cembung. Hasil gambarnya emang keren. Tapi, kalo mau beli kamera atau lensanya , mahal ! Buat anak sekolahan yg masih ngikut orang tua sih kudu nabung dulu. So, gimana dong biar punya hasil ala Fish Eye yg keren tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam ? BUAT SENDIRI GAN!

alat & bahan


1. Lubang intip (peephole ) yang biasa dipakai di pintu hotel itu gan. Cari aja di toko
bangunan,           harganya puluhan ribu, bahkan ada yang 20rb. Kalau gak percaya, boleh cek toko sebelah.
2.Foam/spon, yang biasa untuk sepatu atau jok mobil.
3.gunting gan, pake gunting kertas juga bisa
4.double tape (selotip yang memiliki 2 sisi) kalau gak tau kebangetan bgt gan
5.selotip gan, pasti tau kalau yang ini mah

kalau bahan udah siap, langsung ke cara pembuatan gan!

1. Ukur panjang badan lubang intip itu. Gunanya untuk buat dudukan.

2. Potong foam/spon tadi sesuai panjang x lebar (keliling lubang intipnya).

3. Tempel ke badan lubang intip dengan double tape (atau lem jg boleh)

Karena lensa kamera ane (PS A710IS) agak besar, maka ane double foamnya, supaya makin aman (tidak kena lensa, supaya lensa tidak rusak).
kira-kira jadinya begini :

4. Kalu sudah jadi, bungkus bagian luarnya dengan selotip. Kebetulan ane kehabisan selotip, jadi ane pake seal PVC (yang biasa untuk bungkus sambungan pipa PVC).
Jadi deh. Cara pakainya sih masih manual gan, jadi pegang kamera poket di satu tangan, tangan satu lagi pegang dan taruh lubang intip ini tepat di depan lensa. Atur pelan2 sampai dapat gambar yang ok. Cari objek yang bagus, lalu......JEPREEET....


nih ane kasih contoh hasil jepretan ane pake lensa fisheye buatan sendiri







Sorry Repost from agan ekagreen 
Bukan maksud mau repost punya orang, cuma mau berbagi pengetahuan aja...
Nice inpoh gan eka.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar